logo SMK YANUDA TAMA
  • SMK YANUDA TAMA
  • Unggul, Berakhlak Mulia, Prestisius, Kompetitif, Kreatif, IMTAQ dan IPTEK
Bagaimanakah Start Awal Belajar Bahasa Pemrograman Flutter dan Haruskah Belajar Flutter di Tahun 2021 Ini?

Bagaimanakah Start Awal Belajar Bahasa Pemrograman Flutter dan Haruskah Belajar Flutter di Tahun 2021 Ini?

Tuntutan pekerjaan yang beragam memunculkan tipe variasi aplikasi yang berbeda-beda. Seiring berjalannya waktu, masyarakat mendapati semakin banyak aplikasi dengan beragam fungsi, fitur, hingga tampilan-tampilan unik di dalamnya.

Perkembangan era digital yang semakin pesat ini otomatis mendorong dunia pemrograman agar selalu berinovasi guna bisa memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat akan teknologi.

Salah satu bentuk inovasi dari dunia pemrograman terkini adalah perkembangan flutter. Flutter adalah salah satu jenis bahasa pemrograman terbaru. Sebelumnya memang sudah ada beragam jenis bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun sebuah website atau aplikasi. Hanya saja, para ahli IT harus terus melakukan inovasi guna mempermudah sekaligus menyempurnakan kinerja mereka.

Apa itu flutter? Pentingkah bagi kita untuk mempelajari flutter tutorial di tahun 2020 ini? Yuk cari tahu penjelasan lengkap flutter tutorial sekaligus manfaat mempelajarinya berikut ini.

Mengenal Flutter, Framework Buatan Google

Abad teknologi saat ini tampak jelas didominasi oleh perkembangan aplikasi mobile. Penggunaan gadget smartphone beserta aplikasinya yang melejit di masyarakat otomatis membuat kebutuhan software berbasis aplikasi meledak di pasaran.

Untuk itu, para programmer dan ahli IT harus memutar otak agar bisa menghasilkan banyak aplikasi berkualitas baik untuk mengatasi beragam masalah masyarakat.

Persaingan di dunia aplikasi pun semakin ketat. Para developer apps berlomba-lomba menyajikan aplikasi terbaik dengan tampilan semenarik mungkin untuk menarik minat masyarakat agar menggunakan app buatan mereka. Tampilan aplikasi yang menarik kini dapat dibuat dengan menggunakan flutter. Apa itu flutter?

Flutter merupakan bahasa pemrograman yang menjadi bagian framework open-source. Flutter umumnya dipakai untuk pengembangan aplikasi mobile baik Android dan iOS. Bahasa pemrograman Flutter dikembangkan oleh Google di tahun 2015 dengan tujuan untuk membangun user interface (UI) dari sistem aplikasi.

Flutter bekerja menggunakan bahasa Dart dengan satu codebase untuk membangun aplikasi. Sistem kerja ini dinilai lebih simpel oleh para ahli IT sebab tidak lagi memerlukan bahasa pemrograman Java/Kotlin (untuk aplikasi Android) atau Objective-C & Swift (untuk aplikasi iOS). Cukup menggunakan bahasa Flutter, Anda sudah bisa membuat aplikasi Android dan iOS sekaligus.

Ada banyak aplikasi ternama yang sejatinya dibuat menggunakan Flutter. Contohnya adalah Google AdWords, Alibaba, Topline, dan lainnya.

Anda telah memahami apa itu Flutter, namun sudahkah Anda mengetahui manfaat mempelajari Flutter tutorial? Masih ada cukup banyak tenaga IT merasa enggan dan mengesampingkan mempelajari Flutter tutorial disebabkan bahasa pemrograman ini yang masih tergolong baru. Padahal ada banyak manfaat yang bisa Anda petik jika mempelajari Flutter tutorial.

Mempelajari Flutter tutorial akan memberikan Anda skill membuat aplikasi yang bisa dijalankan beragam platform dan memiliki tampilan cantik serta menarik. Selain itu, masih ada 3 manfaat dari mempelajari dan menggunakan Flutter tutorial yaitu:

Menghasilkan Aplikasi dengan UI Cantik

Manfaat yang paling menonjol dari menggunakan Flutter untuk membuat aplikasi terletak pada kecantikan hasil user interface (UI) aplikasi tersebut.

Flutter memiliki komponen built-in yang lengkap untuk mendesain UI, seperti Cupertino Widget yang digunakan untuk menciptakan style khas iOS serta Material Design.

Dilengkapi Hot Reload

Keunggulan Flutter selanjutnya adalah fitur hot reload yang digunakan untuk melihat hasil coding secara langsung pada emulator atau virtual machineHot reload juga memberikan sensasi selayaknya coding website di mana setiap perubahan code tidak perlu dikompilasi ulang demi bisa melihat hasilnya.

Bisa Dijalankan Banyak Platform

Aplikasi buatan Flutter bisa dijalankan oleh banyak tipe platform mulai dari iOS, Android, hingga website. Bahkan Flutter bisa digunakan untuk memprogram tipe software terbaru yakni aplikasi website.

Selain itu, aplikasi dari Flutter mampu beradaptasi dengan setiap platform tempatnya dijalankan. setiap aplikasi tampak mirip baik segi tampilan maupun kinerja meski dijalankan di tempat yang berlainan.